Proses Instalasi Windows XP

Checklist sebelum instalasi:
1. Anda memiliki CD original Windows XP
2. Product key untuk Windows XP yang ada di kotak CD-nya.
3. Set-up dari hardware komputer. Seperti: koneksi dari mouse, keyboard, monitor, dan CD drive.
4. Tersedianya driver untuk windows XP.
5. Sebelum menginstal ulang, pastikan anda telah melakukan back up untuk files dan settings yang ada di komputer anda. Karena proses instalasi akan menghapus semua data yang ada di computer. Sebagai tambahan, untuk menyimpan file dan settings yang ada d removable media; anda bisa menggunakan ‘ file and settings transfer wizard’. Setelah itu, anda bisa menyimapan kembali setelah proses instalasi selesai.

Proses instalasi
1. Masukkan CD Windows XP Pro dan restart komputer anda.
2. Jika ada tanda ‘ start’ dari CD anda, tekan SPACEBAR. JIka ada tidak menemukan tanda tersebut, restart kembali komputer anda.


3. Windows XP Pro setup akan mulai. Selama proses setup, mouse anda tidak dapat difungsikan, Jadi anda harus menggunakan keyboard. Di halaman ‘ Welcome to setup’, tekan ENTER.

4. Di halaman ‘ Windows XP license agreement’, baca persetujuan license-nya. Tekan PAGE DOWN untuk membaca sampai ke bawah. Setelah itu, tekan F8.

5. Di halaman ini akan mengizinkan anda untuk memilih hard disk mana yang anda inginkan untuk windows XP pro diinstal. Setelah anda menyelesaikan step ini, semua data yang ada di hard disk drive akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan. Ini sangat penting sekali untuk anda memiliki back up copy sebelum melanjutkan proses instalasi. Jika anda telah memiliki back up copy, tekan D dan tekan L.
6. Tekan ENTER untuk memilih ‘ Unpartitioned Space’, yang akan muncul.

7. Tekan ENTER lagi untuk memilih ‘ Format the partition using the NTFS file system’, yang akan muncul.

8. Windows XP akan menghapus hard disk drive menggunakan proses format dan meng-copy setup files. Saat ini, anda bisa meninggalakan computer anda dan kembali setelah 20-30 menit.

9. Windows XP akan me-restart dan melanjutka proses instalasi. Dari saat ini, mouse anda akan berfungsi normal dan halaman ‘ Regional and Languange Options’ akan muncul. Klik NEXT untuk menerima settings yang telah ada.

10. Di halaman ‘ Personalize Your Software’, ketikan nama dan nama organisasi. Beberapa program yang akan mengisi nama secara otomatis. Lalu klik NEXT.

11. Di halaman ‘ Your Product key’, masukkan product key yang ada di CD case dari CD yang telah anda dapatkan (dari teman ataupun CD case lamanya anda). Lalu, klik NEXT.

12. Di halaman ‘ Computer name and administrator Password’, masukkan nama computer yang anda inginkan beserta password dan ketikkan password yang sama di ‘ confirm password. Setelah dimasukkan, klik NEXT.

13. Di halaman ‘ Date and Time settings’, set jam untuk computer anda. Lalu, klik ‘ Time zone’ dan pilih time zone anda. Klik NEXT.

14. Untuk step selanjutnya, computer anda akan mengkonfigurasi sekitar 1 menit lalu7 akan muncul halaman ‘ Networking settings’, klik NEXT.

15. Di halaman ‘ Workgroup or computer domain’, klik NEXT.

16.Windows Xp akan membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 30 menit untuk mengkonfigurasi dan restart secara otomatis. Ketika dialog’ Display settings’ muncul, klik OK.

17. Ketika dialog ‘ Monitor settings’ muncul, klik OK.

18. Step terakhir untuk setup akan mulai dari halaman berikut.

Dari halaman ini dan seterusnya, anda hanya perlu klik NEXT di setiap halaman yang mucul sampai FINISH.
Nanti ketika anda memulai windows XP pro, aka nada dialog box yang menyatakan untuk activation.Pada saat itu, anda bisa menghubungi customer service nya Microsoft di 0215155151(Jakarta) atau 0800121201 (outside Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar